Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan. Kantor Pencarian dan Pertolongan Timika Telepon : (0901) 3125115


Latihan SAR Daerah Helly Rescue Tahun 2020


 

Timika. Kantor Pencarian dan Pertolongan Timika menggelar latihan SAR daerah helly rescuer di Mako Lanud Yohanis Kapiyau Timika dari Senin (2/11) sampai Rabu (4/11).  Kegiatan latihan SAR daerah helly rescuer diikuti oleh 20 peserta dari personil Kantor Pencarian dan Pertolongan Timika dan personil TNI AU.

Dalam pelaksanaanya kegiatan tersebut berlangsung di dua tempat yaitu untuk materi kelas dan praktik kering dilaksanakan di Kantor Pencarian dan Pertolongan Timika dan untuk praktek lapanganya dilaksanakan di Mako Lanud Yohanis Kapiyau Timika dan area sekitar bandara Timika, hal tersebut dikarenakan dalam praktek lapanganya menggunakan helly jenis Caracal EC725 milik TNI AU.

Terimakasih kepada Lanud Yohanis Kapiyau Timika yang sudah mendukung Basarnas selama kami melaksanakan tugas di Timika. Bahkan sampai dengan saat kita boleh diberikan kesempatan untuk menggelar latihan bersama disini,” kata Kepala SAR Timika Monce Brury dalam sambutanya pada pembukaan kegiatan tersebut Aula Kantor Pencarian dan Pertolongan Timika, Senin (2/11/2020).

Monce mengatakan  Kantor Pencarian dan Pertolongan  Timika memiliki dua pos SAR yakni Agast dan Kaimana, kemudian  memiliki wilayah kerja yang begitu luas 50 persen lautan dan 50 persen pegunungan.

“Tujuan dari latihan ini untuk mengasah keterampilan  tiap personil potensi SAR yang ada di wilayah Kabupaten Mimika untuk menghadapi tantangan di masa  yang akan datang. Perlu diketahui tantangan terberat kita di tahun 2021 adalah ada dua event besar yakni pelaksanaan Pesparawi dan PON 2021.

Sehingga perlu diasa kembali keterampilan  dan  perlu digerakkan kembali kesiapan kita secara fisik maupun peralatan,” kata Monce.

Monce mengajak kepada seluruh peserta latihan  untuk meningkatkan kemampuan dalam latihan bersama ini baik secara individu maupun tim. “Sehingga tercapainya misi kegiatan pelaksanaan SAR, mencari, menolong dan mengevakuasi.Kiranya dalam pelaksanaan latihan SAR daerah ini keterampilan kita semakin di asa dan kita siap dalam menghadapi segala musibah baik pelayaran maupun penerbangan,” kata Monce. (HMS)



Kategori Berita Kansar , General Artikel , General Berita , Pelatihan .
Pengunggah : timikaadmin
2 November 18:00 WIB