Hari ke – 8, Basarnas Berhasil Evakuasi Korban Pesawat Rimbun Air


Timika – Memasuki hari ke – 8 (25/9)  tim rescue Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Timika bersama unsur gabungan lainnya akhirnya berhasil mengevakuasi korban jatuhnya Pesawat Rimbun Air. Pagi ini pukul 05.59 WIT tim SAR gabungan dengan menggunakan helikopter jenis PK-IWV bergerak dari Ilaga menuju lokasi jatuhnya kapal dan berhasil mendaratkan 2 personil rescuer Kantor SAR Timika. Keduanya langsung mengevakuasi korban dan puing pesawat. Selang 1,5 jam kemudian kembali di turunkan 2 personil Kantor SAR Timika untuk membantu mempercepat proses evakuasi. 

Pukul 11.05 WIT, helikopter yang membawa personil Kantor SAR Timika dan unsur SAR gabungan beserta jasad korban mendarat dengan selamat di Bandara Mozaes Kilangin Timika. Seluruh korban pesawat milik Carpendiem Air yang jatuh di Pegunungan Distrik Hoya Rabu (18/9) lalu langsung dibawa ke RSUD Timika guna keperluan autopsi. Direktur Operasi SAR Brigjend TNI Budi Purnama dalam konferensi persnya menyampaikan bahwa operasi SAR tahap kedua akan dilanjutkan besok pagi dengan fokus pencarian black box di pesawat.

Pesawat yang membawa 4 orang dengan muatan beras tersebut bertolak dari Timika dan seharusnya tiba di tujuan Ilaga pukul 11.09 WITA namun pukul 10.54 WIT alami hilang kontak. Pencarian dilakukan tim SAR gabungan selama 8 hari dengan menggunakan helikopter. Cuaca buruk serta awan tebal dan medan yang sulit menjadi tantangan bagi tim SAR gabungan yang bertugas.



Kategori Kecelakaan Penerbangan , Berita Kansar , General Artikel , General Berita .
Pengunggah : Recylia
25 September 12:00 WIB